Halaman

Rabu, 18 September 2013

Tips n Trik Jalan-Jalan Hemat

Akhir-akhir ini lagi marak banget jalan-jalan ala backpacker ya....
ga cuma orang yang ga punya duit aja loh ternyata yang suka buat ber backpacker ria, yang uangnya lumayan ada tapi ga melimpah-limpah banget juga ada yang lebih memilih untuk jadi backpacker, alasannya ya macem-macem, ada yg pengen fleksible waktunya, pengen petualangan, iseng aja, pengen tau aja rasanya kaya apa de el el deeeh.....

Saya sendiri udah lama juga memulai hoby buat jalan-jalan tanpa bantuan travel agent. emang siiih agak ribet, tapi kepuasan yang didapat sebanding kooog.....
pengalamannya jauh lebih banyak klo dibanding jalan-jalan menggunakan travel agent, ya puas karena biaya yg dikeluarin lebih irit (ini faktor utamanya siih), lebih banyak tempat yg bisa dikunjungin, lebih berasa ada di tempat barunya karena ngerasain transportasi umum yg dipakai, jalan-jalan nya, interaksi sama penduduk lokalnya, hmmmm kalo di terangin satu-satu bakalan panjaaaang deh...

Oke deh kita mulai aja tipsnya ya buat yang mau jalan-jalan hemat (berdasarkan pengalaman pribadi aja siih...)

01. Cari Info Sebanyak Mungkin
Kalau kita bertujuan buat jadi backpacker sejati.....ya harus mau dong ber ribet-ribet n berepot-repot ria....
kita harus rajin searching info baik secara online, buku panduan wisata, tanya ke yang sudah pernah kesana, daaan jangan malas buat menerima masukan n saran dari orang lain, kita kumpulkan aja semua dan kita terapkan dalam perjalanan kita, saran yang lain bisa jadi alternative apabila ternyata saran yg kita pilih kurang oke dijalankan. (tulisan ini saya buat karena ngeliat pengalaman seorang teman yang mau jalan-jalan ala backpacker tapi yang terjadi malah pengeluaran membengkak lebih mahal dari pake travel agent, karena kurangnya mencari informasi, strategi dan malas mendengar saran dan bantuan orang lain karena merasa mudah, dan ada teman yang menguruskan padahal temannya juga baru pertama kali juga jalan-jalan keluar negri, hehehehe :P )

02. Cari Tiket Murah
Next step adalah cari tiket yaaang semurah mungkiin, baik itu tiket pesawat, bus, maupun kereta api,karena banyak perjalanan liburan budget terbesarnya tuh di biaya untuk tiket ini. khusus buat tiket pesawat kita bisa menggunakan jasa dari situs-situs pembanding harga tiket, ini situs yg bisa di pake buat ngebandingin harga tiket yang biasa saya pake :

masing-masing ada kelebihan n kekurangannya loh ya tentunya, jadi tergantung kita aja sih lebih menyukai yang mana, di situ ada yg emang cuma bua ngebandingin harga aja n ada juga yang kita bisa pesen langsung dari situ, kalo saran saya sih mending web itu kita pake buat ngebandingin harga aja, karena kebanyakan web itu tidak pake garansi apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, jadi setelah kita tau maskapai apa yang harganya murah ditanggal yang kita mau, kita langsung deh ke web resmi maskapai yang bersangkutan, yaaaa habis manis sepah dibuang laaah istilahnya....azas manfaat...hehehehe

03. Cari Penginapan Murah
Hampir disemua negara sekarang ada penginapan-penginapan murah yang biasa dipakai oleh para backpacker. kalau anda bergabung dalam komunitas backpacker malah lebih enak, mudah dan murah karena sesama anggota komunitas biasanya saling bantu buat memberikan tumpangan menginap gratis di rumahnya. Tapiiii....kita hilangkan dulu kemungkinan itu, kita bicarakan tentang mencari [enginapan murah saja lah, yang biasa saya lakukan adalah mencari penginapan murah melalui web-web yang khusus melayani pemesanan kamar diseluruh dunia, biasanya pesan kamar hotel secara online akan mendapat harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan pesan melalui agen perjalanan, Ini wajar karena situs pemesanan hotel secara online biasanya memiliki jaringan yang sangat luas dibandingkan dengan agen perjalanan lokal, dan hargapemesanan penginapan secara online bisa lebih murah juga lantaran dari segi biaya operasionalnya mereka lebih rendah daripada agen perjalanan biasa.
web yang biasa saya pakai :

sebenarnya sih banyak lagi web pemesanan kamar yang bisa kita gunakan, namun sejauh ini saya lebih sering menggunakan dua web tersebut, tapi yaa kadang-kadang saya juga menggunakan web-web lain sebagai perbanding dan kalau-kalu dapat promo yang lebih baik, hehehe
contoh web yang kadang-kadang saja saya pakai :

itu kadang-kadang saya pake juga, oh iya sebelum booking sebaiknya kita cari tau dulu info tentang hotel yang bersangkutan, kita bisa lihat info dan pengalaman para backpacker lain waktu menginap di hotel tersebut melalui www.tripadvisor.com

Web-web diatas ada yang hanya membantu kita melakukan booking hotel, pembayaran akan kita lakukan nanti secara langsung ketika tiba di hotel dengan jaminan kartu credit kita, jadi kalau kita tidak datang maka akan dikenakan biaya dari kartu credit kita itu, ada juga beberapa hotel yang memberlakukan kebijakan tanpa jaminan kartu credit dan ada yang memberi kebijakan harus membayar DP sebesar 10% atau 1 malam harga kamar, sooo ada baiknya sebelum memesan siapkan dulu kartu credit dan baca baik-baik semua peraturan dan kebijakan hotel tersebut, termasuk harga tersebut apakah sudah termasuk PPN dan pelayanan atau belum, biar kita ga rugi yaaa....

04. Menghitung Pengeluaran
Info sudah kita punya secara lengkaaap baik tentang transportasi, harga makanan, harga tiket masuk objek wisata, harga tiket pesawat, dan harga hotel permalam.
It's time to itung-itungan cukup ga ya budget kita, hehehe
perhitungkan secara rinci dan mendetail dan biasanya saya akan melebihkan sedikit harga-harganya

contoh perhitungan yang saya buat sebelum traveling :
Tiket Pesawat PP          :  700.000
Kamar                            :  450.000 (@100.000x4mlm saya lebihkan 50rb)
Transport Lokal              : 300.000 (sebelumnya saya sudah mencari info tentang transport yg akan saya gunakan)
Makan                             : 300.000 (@20.000x3 makanx 3hari saya lebihkan 120rb)
Tiket OW                        :  50.000
Tak Terduga                   :  200.000

It's done....saya memang tidak pernah memasukkan budget oleh-oleh dalam kegiatan jalan-jalan saya, karena alasan yang pertama saya melakukan perjalanan secara backpacker jadi backpack saya hanya cukup untuk barang-barang pribadi saya saja, alas an yang ke dua niat saya jalan-jalan bukan melakukan kegiatan amal yang harus bagi-bagi berbagai macam hal ke semua orang, apalagi kalau budget oleh-oleh ujung-ujungnya jadi lebih besar dari budget liburan kita secara keseluruhan, nyiksa diri namanya itu mah, daaan alas an yang paling utama adalah memang tidak ada dananya hahahahaha…….

Biasanya sih budget yang sudah saya siapkan berdasarkan perhitungan tuh selalu lebih looh…..

05. Menukar Uang
Info kita sudah punya segunung, tiket pesawat sudah ditangan, kamar hotel sudah di booking, budget sudah kita hitung dengan baik dan cermat, sekarang waktunya memutuskan apakah kita lebih suka membawa uang cash atau non cash, semua ada plus dan minusnya, kalau lebih suka membawa uang non cash kita bisa menggunakan kartu debet kita yang berlogo visa, master, maestro, atau cirrus buat menarik tunai disemua gerai atm yang ada logo tersebut diseluruh dunia, ada teman yang bertanya loh terus tar yang keluar mata uang apa dong, ya tentu saja yang keluar mata uang tempat Negara kita mengambil doong, masing-masing bank memberlakukan biaya administrasi untuk proses penaikan tersebut saya kebetulan menggunakan kartu mandiri dengan logo visa, biaya yang dikenakan sebesar 20.000 setiap penarikan, dan kurs yang digunakan berdasarkan kurs dari bank masing-masing di hari itu ya….

Naaah bagi yang lebih suka membawa uang cash, kita harus mau sedikit repot untuk mencari money canger yang terpercaya dan murah tentunyaaaaa….kelebihannya kita dapat mengatur strategi menukar uang kita pada saat kurs mata uang tersebut sedang murah, terkadang membeli dibandara itu harganya jauh lebih murah loh…sooo..be smart ya….ojo grusa grusu (bahasa opooo iki :P )

Kalau saya biasanya membawa uang cash seperlunya dan secukupnya saja, malah kadang kurang dari budget yang saya itung, budget lain-lain tidak saya persiapkan tunai, karena saya menghindari membawa uang cash dalam jumlah besar, dan kalau saya memegang uang cash bawaannya mau belanja mulu karena melihat isi dompet masih banyak, hehehe
Saran saya juga buat backpacker jangan menggunakan fasilitas kartu kredit, karena ini terkadang malah menjerumuskan kita pada lubang keborosan yang tidak kita sadari (hadeeeh bahasanya :P )


06. Membawa Barang Secukupnya
Okeh sebelum kita berkemas kita harus menyadari bahwa kita ini seorang backpacker, soooo bawalah barang seperlunya saja, tidak perlu membawa baju dan jeans yang sama warnanya, bawa kerudung (bagi yang berkerudung) dengan semua jenis warna, membawa alas kaki lebi dari satu de el el de el el deeeh….helloooo mau ditaruh dimana itu barang dan siapa yang bawa?? Jangan sampai kita jalan-jalan pulangnya sakit kecapekan karena keberatan bawa barang-barang pribadi, kan ga lucu jadinya, hehehe

Pilihlah pakaian yang ringan dan tipis sehingga tidak memakan tempat, dengan catatan kita bukan menuju Negara beriklim sub tropis dan seang musim dingin loh yaaa….., kalau kita memakai jilbab seperti saya, sebaiknya bawa jilbab yg ringan, praktis dan berwarna netral yaa…
Di penginapan backpacker selalu disediakan washing macine yang bisa kita gunakan dengan gratis looh, soo kita ga perlu bawa pakaian segambrengkan…., lebih praktis dan ringan.

Oke deh segitu aja tips nya, kebanyakan malah nanti jadi males bacanya, hehehehe
Kritik n sarannya ditunggu, yang mau tambahin tips n info yang lain juga boleh koog….


Have a nice trip yaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar