Halaman

Senin, 26 Agustus 2013

Petualangan Singapore-Johor Bahru

Bicara perjalanan paling menyenangkan, kayanya hampir semua perjalanan saya terasa sangat menyenangkan deeh….

Apalagi tiap jalan-jalan saya nggak pernah memakai jasa travel agent, hanya bermodalkan nekad dan info alakadarnya, on the spot-nya kita bakalan dapat pengalaman yang sangat sangat sangat banyak deh….kalo dibandingin ama kita menggunakan jasa travel agent.

Ok, lets start the story, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya waktu jalan-jalan ke Singapore and Johor Bahru Malaysia. Saya pergi berlibur ke Singapore and Johor Bahru bersama dengan dua sahabat saya yang sama-sama suka petualangan, karena petualangan membuat kami jadi makin manis, hehehe.

Kami mengawali perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Singapore, menggunakan Airlains milik Malaysia yaitu AirAsia karena pas kami mencari tiket yang murah airlains inilah yang menawarkan harga paling rendah dan sesuai dengan kantong kami. Penerbangan kami dari Jakarta menggunakan pesawat malam hari, sekitar pukul 19.15 WIB kami take off dari Soekarno Hatta, sekitar pkl 20.45 kami mendarat di bandara Changi Singapore, karena kami baru pertama kali keluar negri maka sebelumnya kami membaca di banyak blog bahwa kami dapat menginap dibandara Changi apabila kami sampai disana pada saat malam hari, akhirnya dengan alas an menghemat biaya dan kepraktisan kami pun menginap dibandara, sempat beberapa kali kami nyasar ketika mencari spot yang memungkinkan kami untuk beristirahat, yang kami masuki malah lounge-lounge executive atau restaurant yang sepertinya mahal, malu siih tapi kami piker cuek aja lah toh mereka juga ga kenal kami ini, hehehehe
Akhirnya setelah beberapa lama mencari kami pun menemukan spot seperti yang kami baca diblog-blog tersebut, dengan riang gembira kami mengatur tempat untuk kami beristirahat sementara, tapi….rupanya ada beberapa hal yang tidak disebutkan bahwa pada pagi buta akan ada petugas yang berkeliling dan melarang para penumpang yang datang untuk menginap dibandara, kecuali penumpang yang akan terbang dengan penerbangan yang sangat pagi. Jadi….pada saat kami sedang terlelap tidur sekitar pkl 04.00 pagi waktu Singapore kami dibangunkan oleh petugas dan dipaksa untuk menuju bagian imigrasi dan keluar dari bandara pada saat itu juga. Akhirnya kami pun segera menuju bagian imograsi dengan diawasi oleh petugas yang sepertinya khawatir kami akan membandel dan menyelinap kembali kearea lain di bandara ini, setelah melewati petugas imigrasi kami menuju ke toilet untuk membersihkan diri kami, di toilet kami tertawa terbahak-bahak karena ini adalah pengalaman pertama kami keluar negri dan diusir oleh petugas di bandara.

Dari bandara dengan menggunakan MRT kami pun melanjutkan petualangan kami para gadis-gadis nekad ini, karena ini adalah pertama kalinya kami menggunakan MRT maka kami pun bingung, tujuan pertama kami adalah little India, karena katanya disini banyak spot yang menarik dan banyak makanan halal, karena kami muslim maka kami mencari tempat-tempat yang menjual makanan halal. Kami tidak mengetahui bahwa dibeberapa station kami harus transit dan berpindah jalur namun tidak perlu keluar melalui pintu tiket, di ST Hall kami turun untuk transit, namun karena itu berupa mall maka kami pun bingung harus kemana, akhirnya kami keluar melalui pintu tiket, setelah berputar putar di mall yang semua counternya masih tutup semua, akhirnya kami kembali lagi ketempat pertama kami turun dan mempelajari jalur MRT setelah lama diskusi dan bingung, ada seorang laki-laki melayu yang mendatangi kami, mungkin dia merasa kasihan melihat kami yang kebingungan, setelah dijelakan kami harus menuju kemana maka kami pun dapat melanjutkan perjalanan tapi dengan membayar kembali perjalanan kami itu yang seharusnya tidak perlu kami lakukan kalau kami tidak keluar dari pintu scaning ticket. Sampai di little India kami kembali bingung, karena disana tidak ada apapun mungkin karena pada saat kami datang sekitar pkl 09.30 jadi semua toko masih tutup, jadi yang kami lakukan adalah duduk ditaman yang kami temua, berjalan tidak tentu arah, sambil menunggu waktu check in ke hotel yang telah kami pesan, karena waktu checkin di hotel kami ini pkl 02.00 siang. Setelah lama berjalan-jalan, berfoto dan mengelilingi little India tanpa tentu arah akhirnya kami memutuskan untuk kembali naik MRT menuju distrik Geylang tempat hotel kami. Menuju kehotel pun kami harus bertanya beberapa kali ke otrang yang kami temui dijalan, setelah berjalan cukup lama akhirnya kami sampai di hotel kami sekitar pkl 01.00 siang, dan pihak hotel tidak membebankan charge ke kami karena datang lebih awal.

Setelah kami membersihkan diri dan beristirahat sebentar kami pun langsung berpetualang di negri singa ini kamin keluar dari hotel sekitar pkl 03.00 pm, daaan apa yang kami temukan ternyata jalan yang kami lalui pada saat awal kami datang adalah jalan yang memutar dan jaraknya 2x lipat dari jarak yang seharusnya kami tempuh, hadeeeh….kami pun kembali menertawai pengalaman kami ini, dengan menggunakan MRT kami pun menuju ke Merlion Park dan Esplanade sang gedung duren kembar yang iconic itu, menuju ke Esplanade kami tidak menghadapi kendala yang berarti, tapi pada saat kami mencari sang singa duyung inilah yang jadi masalah karena kami tidak tau mana arah timur, barat dll. Setelah keluar dari gedung esplanade kami bingung harus menuju kemana, akhirnya kembali berjalan beberapa saat tanpa arah, dan akhirnya memutuskan bertanya, daaan ternyata kami berjalan kearah yang berlawanan dari arah Merlion Park, harusnya ketika kami keluar dari Esplanade kami berjalan kea rah kiri ini kami malah berjalan kearah kanan, jarak Merlion Park dengan Esplanade itu sangat dekat sekali. Sampai di Merlion Park kami langsug memuaskan kebutuhan kami untuk narsis, kami berfoto disini sampai puas, jajan espotong dengan berbagai rasa, karena kami datang pada saat menjelang natal maka disini banyak sekali pertunjukan music, teater, tari yang dapat kami nikmati dengan gratis, kami terus berjalan hingga ke flyover, kembali kami berfoto, membeli jajanan yang kami sukai. Waaah kami merasa sangat have fun sekali walaupun butuh perjuangan untuk mencapainya, tapi ini sangat sangat sangat menyenangkan, berkesan dan tidak terlupakan. Karena jadwal MRT hanya sampai jam 11 malam maka kami pun mengakhiri petualangan kami hari itu pada jam 10.30 malam, kami segera naik MRT menuju penginapan kami di daerah Geylang, pada saat kami sampai di Geylang di sepanjang jalan menuju hotel kami ternyata banyak sekali penjual buah-buahan dan yang paling menyenangkan adalah sangat banyak penjual Duriaaan dengan harga yang murah, sebagai pencinta sejati durian kami pun segera memuaskan diri membeli masing-masing satu glondong durian yang kami makan sendiri, waaaaah hari pertama kami tutup dengan hal yang sangat menyenangkan seperti berada di surga, hehehe
Hari kedua, rencana kami adalah mencoba perjalanan dari Singapore ke Johor Bahru menggunakan MRT dan Bus, kami menuju station Kranji menggunakan MRT dari Kranji kami naik bus menuju Johor bahru kalau tidak alah bus yang kami gunakan adalah bus dengan nomor 170, di johor bahru kami hanya sampai di checking point saja, karena penginapan kami ada disekitar checking point ini, pada saat kami mencari penginapan kami orang-orang yang kami tanyakan tentang arah dan letak penginapan kami tidak memberikan keterangan yang jelas entah kenapa. Akhirnya seorang Police perempuan menyarankan kami menggunakan Taxi saja, akhirnya kami pun menggunakan Taxi dan membayar sekitar 15 ringgit. Daaan setelah kami membersihkan diri kami pun langsung keluar untuk melihat-lihat daerah sekitar Johor Bahru, lagi-lagi kami menemukan fakta bahwa jarak antara penginapan kami dengan checking point itu dekat dan dapat kami capai dengan hanya berjalan kaki saja, hehehe akhirnya kami pun memutuskan untuk kembali ke mall yang dekat dengan checking point itu untuk mencari makanan. Di mall Johor Bahru City Square kami menemukan makanan-makanan yang sangat enak, dengan harga yang sesuai dengan  kantong kami, kami pun langsung kalap dan mencoba berbagai macam makanan yang menurut kami menarik dan memang ternyata rasanya sangaaat enaaak…..

Hari ketiga kami kembali ke Singapore dengan jalur yang sama ketika kami datang busnya kami menggunakan CW02 dengan membayar 1 ringgit untuk samapi di Keranji. Tujuan kami hari ini adalah Sentosa Island, menuju Sentosa Island karena sudah dua hari kami memiliki pengalaman jadi kami sampai disini dengan cukup mudah. Disentosa Island kami mendatangi semua station, menuju semua wahana, berfoto-foto sebanyak mungkin, berjemur dipantai yang serasa pantai pribadi dengan pasir putih dan pulau kecil milik kita sendiri, berasa jadi milyader yang sedang berlibur dipulau pribadinya deh, hehehe.

Huaaa pokoknya ini adalah liburan yang sangat sangat menyenangkan buat kami, dengan budged yang minim kami dapat menikmati liburan dengan maksimal dan sangat puas, susah menggambarkan kepuasan yang kami rasakan dari pengalaman pertama kami keluar negri ini deh, kamu harus coba sendiri petualangan yang kami lakukan ini.